23 Januari 2019
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

OPINI: Musik dan Energi Motivasi


OPINI: Musik dan Energi Motivasi
Foto: Dobi Rizami / Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bontang. (ist)

EKSPOSKALTIM.com - Seni Musik secara umum adalah sebuah cabang seni yang fokus menggunakan melodi, irama, tempo, harmoni juga vokal yang berperan sebagai sarana dalam menuangkan perasaan penciptanya.

Dalam perjalanan hidup, pasti kita pernah merasakan dan mendengarkan alunan musik, baik pada waktu peristirahatan, perjalanan dalam suatu angkutan, tempat hiburan dan tempat lainnya.

Baca juga: Bawaslu Kaltim: Jika Terbukti Politik Uang, Caleg Langsung Didiskualifikasi

Mendengarkan musik yang bagus seakan ada pesan membangun energi imajinasi yang dapat menginspirasi emosi kita menjadi lebih baik. Keindahan pengalaman teringatkan ketika alunan musik didengarkan ada suatu perasaan kedamaian dan kenyamanan.

Keselarasan didapat dengan lingkungan, kita nyaman dengan setiap musim beserta irama dan tempo waktu yang berlainan. Musik mengusung kelembutan menghaluskan hati yang liar, melunakan karang atau melenturkan batang pohon (William Congrieve).

Dulu, orang memandang musik sebagai lambang dari keselarasan kosmos, selalu berubah seiring dengan waktu bergerak bersama keselarasan.

Filsuf Baratawal juga menganut pandangan serupa mengenai gerak yang mendenyutkan Alam semesta. Pythagoras seorang matematik Yunani berteori bahwa musik adalah pantulan dari suara yang dihasilkan oleh planet – planet ketika bergerak melewati orbitnya.

Aristoteles beranggapan bahwa setiap planet bergerak dengan kecepatan yang berbeda di orbitnya dan menghasilkan suara yang berbeda pula. Teori ini disebut keselarasan orbit.

Mendengarkan musik dapat memberikan pantulan imajinasi, inspirasi dalam kehidupan harapan dalam nilai – nilai kebaikan keselarasan lingkungan kita. Musik dapat juga memberikan kesenangan dengan nilai sebutan menarik, hebat, indah, memuaskan, menghasikkan dan sebagainya. Penilaian ini diberikan oleh rasa, emosi dan getaran jiwa. Hal ini selaras dengan kesenangan Psychis/Rohani.

Bagi kita, terutama yang suka mendengarkan musik dengan segala kekuatan imajinasi dapat memberikan inspirasi menuangkan dalam inovasi, kreatifitas untuk meraih prestasi dalam kompetisi menghadapi tantangan kehidupan yang bervariasi, pengaruh teknologi,dan globalisasi.

Baca juga: Pupuk Kaltim Luncurkan Inovasi PreciPalm dan Petanipedia

Tantangan tersebut bukan hambatan, tetapi merupakan kekuatan yang mampu memberikan energi motivasi dalam hal berkreasi dan berinovasi dalam kehidupan mewujudkan hal — hal kebaikan untuk menggapai impian dan harapan yang dicita-citakan.

Mari kita berkarya dengan keselarasan insan pecinta pendengar musik, khususnya di lingkungan kita sehingga dapat memberikan kemanfaatan yang berguna untuk kebaikan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.

Penulis: Dobi Rizami (Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bontang)

Video Terkini EKSPOS TV: Cawapres Sandiaga Uno Silaturahmi ke Bone

ekspos tv

Reporter :     Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0