14 Desember 2018
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Dewan Tunggu Konsep Beasiswa Kaltim Tuntas Era Gubernur Isran


Dewan Tunggu Konsep Beasiswa ‘Kaltim Tuntas’ Era Gubernur Isran
Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Yaqub. (EKSPOSKaltim/Muslim)

EKSPOSKALTIM.com, Samarinda - Program beasiswa ‘Kaltim Tuntas’ bagi para mahasiswa dan pelajar pada 2019 ternyata belum pernah disampaikan oleh Komisi IV DPRD Kaltim. Padahal, sebelumnya Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan, program beasiswa ‘Kaltim Tuntas’ akan dilakukan pada tahun depan dengan konsep yang berbeda dengan beasiswa pada era Gubernur Awang Faroek Ishak.

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Yaqub, meminta kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur Kaltim khususnya kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim agar membeberkan konsep Beasiswa ‘Kaltim Tuntas’ yang digagas Gubernur Kaltim H Isran Noor dan Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi tersebut.

Baca juga: Dewan Fasilitasi Tuntutan Nelayan Muara Pantuan Soal Pecemaran Lingkungan

“Saya belum bisa mengomentari terlalu banyak soal Beasiswa Kaltim Tuntas, sebab belum pernah dibahas (DPRD Kaltim bersama Dinas Pendidikan Kaltim). Kami berharap pemerintah bisa membeberkan konsep beasiswa tersebut secara detail," kata Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Yaqub, Selasa (5/12).

Rusman mengakui, jika sebelunya telah melakukan rapat kerja dengan Disdik Kaltim pada saat penyusunan program kerja pendidikan pada APBD 2019. Hanya saja, kata dia, pada saat itu Disdik tak memaparkan program beasiswa tersebut.

“Kita tidak membahas secara detail, yang kita bahas itu anggaran pendidikan fokus pada kesejahteraan guru honorer dan infrastruktur pendidikan,” sebutnya.

Olah karena itu, Rusman berharap agar tidak ada miskomunikasi antara eksekutif dan legislatif terhadap program-program kebijakan pada tahun 2019, Disdik harus menyampaikan program beasiswa tersebut.

"RPJMD aja belum kita bahas seperti apa. Makanya, kita berharap Disdik Kaltim bisa membeber program beasiswa tersebut seperti apa?," imbuh Rusman.

Sebelumnya, Gubernur Kaltim Isran Noor berjanji bakal menata kembali pemberian beasiswa kepada masyarakat Kaltim agar tepat sasaran. Menurutnya, program peningkatan kualitas pendidikan melalui beasiswa tetap menjadi prioritas Pemprov Kaltim tahun 2019.

Berita terkait: Beasiswa Kaltim 'Tuntas', Gubernur Isran: Harus Tepat Sasaran

"Kita akan menyeleksi ketat penerima beasiswa. Tentu diseleksi ini benar-benar memiliki kemampuan dan untuk mereka yang tidak memiliki dana yang cukup," kata Isran Noor, belum lama ini saat pengesahan APBD Kaltim 2019, di DPRD Kaltim.

Isran menjelaskan, pada prinsipnya beasiswa Kaltim nantinya akan berbeda dengan sebelumnya. Tujuannya kepada efektivitas penerima sesuai dengan kompetensi kebutuhan daerah. Untuk pengalokasian beasiswa, kata dia, akan disesuaikan dengan kebutuhan berdasar jenjang pendidikan penerima .

Jika memang perlu, sebut Isran, Pemprov akan memberikan beasiswa hingga Rp 1 miliar setiap penerima beasiswa. "Intinya penerima beasiswa akan disesuaikan dengan jenjang pendidikannya," imbuhnya. (adv)

Video Terkini EKSPOS TV: Sekilas Profil Kesehatan Kota Bontang

ekspos tv

Reporter : Muslim Hidayat    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0