14 Desember 2018
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Gelar Seminar, Pupuk Kaltim Ajak Pelajar Perangi Narkoba dan HIV/AIDS


Gelar Seminar, Pupuk Kaltim Ajak Pelajar Perangi Narkoba dan HIV/AIDS
Direktur Teknik dan Pengembangan Pupuk Kaltim Satriyo Nugroho (kiri) bersama Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase (kanan) saat pembukaan seminar (foto: Endar/eEKSPOSKaltim)

EKSPOSKALTIM.com, Bontang - Peduli terhadap dunia kesehatan Kota Bontang, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menggelar seminar tentang bahaya Narkoba, serta bahaya HIV/AIDS kepada puluhan pelajar Sekolah Tingakat Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di sekitar Buffer Zone perusahaan, serta pengurus dan anggota Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) dari Kelurahan Guntung dan Loktuan.

Bertajuk “Bangsa Maju Tanpa Napza dan HIV/AIDS” acara tersebut di helat di Gedung Pupuk Kaltim, Ruang Mahoni, Kamis (11/8/2018) pagi.

Baca juga: Mudahkan KPM, Bontang Launching Sentra Usaha Mikro E-Waroeng Mart

Bekerjasama dengan Puskesmas Bontang Utara II, sedikitnya ada enam perwakilan sekolah yang mengikuti seminar tersebut, di mana masing-masing sekolah mengirimkan sepuluh murid serta dua guru untuk mengikuti acara tersebut.

Dikatakan Direktur Teknik dan Pengembangan Pupuk Kaltim Satriyo Nugroho, remaja merupakan kelompok masyarakat yang sering diasumsikan dalam keadaan sehat. Padahal cukup banyak juga remaja yang meninggal akibat kecelakaan, percobaan bunuh diri, kekerasan, kehamilan yang mengalami komplikasi dan penyakit lainnya yang sebenarnya bisa dicegah atau diobati.

“Pertumbuhan dan perkembangan yang pesat dari aspek fisis, emosi, intelektual dan sosial pada masa remaja, merupakan pola karakteristik yang ditunjukkan dengan rasa keingintahuan yang besar, namun cenderung berani mengambil risiko tanpa pertimbangan matang, semua inilah yang akan mencetuskan penyakit atau kematian pada usia muda,”ucap Satriyo Nugroho saat sambutan.

 Suasana seminar di ruang mahoni gedung Pupuk Kaltim. (foto: Endar/eksposkaltim)

Ditambahkan Satriyo, atas dasar itu Pupuk Kaltim berkomitmen dan peduli kesehatan remaja, yang dilakukan melalui kerjasama multisektoral dan multidimensional dengan intervensi pada aspek preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif yang komprehensif.

Strategi yang dilakukan adalah berupa pelayanan kesehatan remaja sesuai permasalahan, serta lebih intensif kepada aspek promotif dan preventif dengan cara peduli remaja.

Melalui seminar tersebut, Satriyo berharap dapat mendukung keberhasilan pelayanan kesehatan peduli remaja, dengan melatih remaja menjadi kader kesehatan remaja atau konselor sebaya dan pendidik sebaya.

“Kelompok ini diharapkan berperan sebagai agen perubahan agar berperilaku sehat dan siap terlibat serta membantu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pelayanan kesehatan peduli remaja,” ujarnya.

Selain menggelar seminar, Pupuk Kaltim sebelumnya juga membagikan buku edukasi tentang bahaya narkoba kepada seluruh sekolah SMP dan Perpustakaan Daerah Bontang, hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian Pupuk Kaltim terhadap dunia kesehatan Kota Bontang.

Hadir sekaligus membuka acara seminar tersebut, Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase mengapresiasi kegiatan tersebut. Dikatakan Basri, kegiatan ini merupakan bukti komitmen Pupuk Kaltim membantu pemerintah dalam melakukan pencegahan dan peredaran bahaya narkoba.

“Saya mengapresiasi acara ini, saya juga meminta acara seperti ini dilaksanakan secara berkesinambungan, karena acara seperti ini penting bagi kita,” jelasnya.

Foto bersama di sela-sela kegiatan seminar. (foto:Fauzi/Humas PKT)

Dalam kesempatan itu, Basri Rase yang juga pernah menjabat sebagai ketua Badan Narkotika Kota (BNK) Bontang, memberikan pemaparan kepada para peserta seminar tentang jenis-jenis narkoba hingga jenis terbaru, serta dampaknya., Basri mengajak semua elemen untuk membantu pemerintah dalam memerangi narkoba.

"Jauhi narkoba, jangan coba-coba, kita harus berprestasi tapi tanpa narkoba, setuju gak adek-adek," seru basri.

Sementara itu, ketua panitia Zulfadliansya Nur yang juga kepala Puskesmas Bontang Utara II menjelaskan, acara seminar tersebut terselenggara berkat komitmen Pupuk Kaltim melalui program CSR-nya.

Sebanyak 82 peserta mengikuti acara seminar tersebut, terdiri pelajar SMP dari SMP Imanuel, SMP Al'Amin, SMP YPL, SMP Negeri 9, dan SMP Nurul Iman, serta dari SMA Negeri 3, PIK-R kelurahan Guntung dan Loktuan, dan guru pendamping masing-masing sekolah.

Kegiatan seminar tersebut dibagi menjadi dua sesi, yang pertama penyampaian materi dan yang kedua sesi khusus dimana nantinya peserta perempuan dan laki-laki akan dipisah pada sesi khusus tersebut.

Baca juga: Baharuddin Demmu Siap Perjuangkan Aspirasi Rakyat Kutai Kartanegara

“Nanti kita juga akan lakukan pre-test dan post test (kelas besar) untuk melihat peningkatan pengetahuan peserta seminar dalam rangka memahami apa yang menjadi hal penting dalam seminar kesehatan kali ini,”beber Zulfadliansya.

Tampak hadir dalam seminar tersebut, Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase, Direktur Teknik dan Pengembangan Pupuk Kaltim Satriyo Nugroho, GM Umum Pupuk Kaltim Nur Sahid, Perwakilan BNNK Bontang, Perwakilan Dinas Kesehatan & KB Bontang, Lurah Guntung dan Loktuan, serta tamu undangan lainnya. (adv)

Video Terkini EKSPOS TV: Dinkes & KB Bontang Gelar Germas Dan Launching Kelurahan Siaga Guntung

ekspos tv

Reporter : Endar    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0