24 September 2018
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Telat Serahkan LADK, Parpol Terancam Gugur Ikut Pemilu 2019


Telat Serahkan LADK, Parpol Terancam Gugur Ikut Pemilu 2019
ilustrasi. (foto:int)

EKSPOSKALTIM.com, Samarinda - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltim mengingatkan kepada partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang, agar tidak terlambat menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK). Penyerahan LADK sendiri paling lambat pada 22 September 2018 mendatang.

Komisioner KPU Kaltim Divisi Hukum, Viko Januardy mengatakan, aturan tersebut tertuang dalam Pasal 338 ayat (1) dan (2) Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Dimana, kata dia, parpol harus menyerahkan paling lambat LADK tersebut sebelum masa kampanye berlangsung, yang dijadwalkan dimulai pada 23 September 2018.

Baca juga: DPRD Kaltim Setuju Proyek Masjid Pemprov di Lapangan Kinibalu Disetop

“Apabila terlambat, maka parpol peserta pemilu dapat dikenai sanksi berupa pembatalan peserta pemilu 2019,” katanya, Rabu (12/9).

Namun, kata Viko, sanksi tersebut hanya berlaku bagi calon anggota DPR, DPRD dan DPD. Bukan untuk capres dan cawapres. Artinya, dana kampanye parpol adalah gabungan dari setiap bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) tersebut.

“Dalam pelaporan tersebut, nantinya ada tiga hari masa perbaikan bagi parpol yang belum memenuhi syarat, yakni tanggal 23, 24 dan 25 September 2018,” sebutnya.

Ia juga mengingatkan, kepada parpol agar membuka buku rekening mulai dari sekarang untuk diserahkan kepada ke KPU saat LADK pada 22 September 2018 mendatang.

Baca juga: Festival Mahakam 2018 Digelar Awal November

Menurut dia, sumber dana kampanye harus jelas. Sumbangan tidak boleh berasal dari dana sumbangan luar negeri. Hal itu dilarang lantaran dapat mengugurkan kepesertaan Parpol yang bersangkutan nantinya dalam kepesertaannya di Pemilu 2019.

Ketua KPU Kaltim M Taufik mengatakan, untuk pelaporan LADK pihaknya sudah mempersiapkan diri untuk memberikan pemahaman kepada operator pelaporan dana kampanye melalui bimbingan tehnis palaporan dana kampanye pemilu 2019.

Video Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf di Kutim Matangkan Kepengurusan

ekspos tv

Reporter : Muslim Hidayat    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0