17 Oktober 2018
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

5 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Minum Teh


5 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Minum Teh
ilustrasi. (int)

EKSPOSKALTIM.com, Bone - Teh merupakan minuman yang paling banyak digemari. Tak heran, jika teh menjadi minuman rutin yang dikonsumsi dengan frekuensi cukup sering bagi sebagian besar orang setiap harinya.

Anda tentu kerap mendengar berbagai manfaat yang akan tubuh kita peroleh dari konsumsi teh secara rutin.

Teh telah terbukti memiliki kandungan antioksidan kuat yang diperlukan tubuh, utamanya pada kondisi perkembangan pola hidup belakangan ini yang membuat kita rentan terpapar radikal bebas.

Baca: Sedasawarsa Tak Berizin, Akhirnya RM Tahu Sumedang Ditutup Paksa Pemprov

Antioksidan pada teh mampu menjadi tameng yang cukup kuat untuk melawan radikal bebas dalam tubuh.

Kini, teh hadir dalam berbagai bentuk, jenis dan tampilan. Hal ini membuat teh kian mudah kita peroleh dan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Kita bisa membuat teh celup, teh dari daun rebusan asli, atau teh kemasan. Kemudahan memperoleh teh ini membuat kita kerap melakukan kesalahan saat mengonsumsinya.

Kesalahan yang terjadi saat mengonsumsi teh tentu merugikan karena dapat mengurangi manfaat yang bisa kita peroleh dari teh.

Anda tentu tidak mau bukan, kandungan zat dan antioksidan yang tinggi dalam teh jadi tidak bisa dirasakan maksimal oleh tubuh?

Untuk itu, yuk sama-sama kita simak apa saja kesalahan yang sering terjadi saat mengonsumsi teh di bawah ini!

1. Menggunakan terlalu banyak gula, bahan tambahan buatan dan topping yang berpemanis

Sudah menjadi hal yang umum jika kita mengonsumsi teh dengan tambahan gula. Sayangnya, sebagian besar orang merasa tidak nikmat mengonsumsi teh jika tidak disertai dengan rasa manis yang cukup.

Padahal, ada cukup banyak pakar kesehatan yang menganjurkan kosumsi teh tanpa gula, atau teh tawar untuk memberikan manfaat antioksidan yang lebih optimal.

Penggunaan gula yang berlebihan terbukti mampu mengurangi kadar antioksidan dan penyerapan antioksidan dalam tubuh.

Pastikan Anda menggunakan gula dalam sehari maksimal 5 sendok makan, termasuk penggunaan gula untuk penggunaan bahan makanan lainnya, ya.

Jangan pula tambahkan banyak bahan berpemanis seperti susu kental manis, permen atau jeli manis, ya.

2. Mengonsumsi pada suhu yang cukup ekstrem

Bagaimana cara Anda mengonsumsi teh biasanya? Jika Anda sering mengonsumsi teh dalam suhu yang cukup ekstrem, misalnya terlalu dingin atau terlalu panas, maka akan membuat penyerapan antioksidan dalam tubuh juga berkurang.

Suhu makanan yang terlalu ekstrem dan tidak sesuai dengan suhu tubuh akan membuat penyerapan zat dalam bahan makanan, termasuk antioksidan, jadi tidak maksimal.

Konsumsilah teh dalam suhu hangat agar kandungan antioksidannya bisa diserap maksimal oleh tubuh.

Baca: Banjir 2 Meter, Warga Balikpapan Timur Dievakuasi

3. Memilih dan mengonsumsi teh kemasan dalam porsi berlebihan

Kemudahan memperoleh teh membuat teh dalam kemasan menjadi pilihan yang sering dikonsumsi.

Sayangnya, penggunaan gula pada teh kemasan kebanyakan menggunakan gula buatan sehingga porsi penggunaan gulanya termasuk tinggi. Teh kemasan boleh Anda konsumsi asalkan porsinya dikontrol, utamanya porsi kandungan dalam satu sajinya.

4. Meminum teh setelah mengonsumsi makanan berprotein hewani

Apakah Anda sering memilih minum teh setelah mengonsumsi lalapan? Meskipun enak, nyatanya teh memiliki kandungan antioksidan, jenis tanin, yang dapat mengurangi penyerapan zat besi dalam tubuh.

Anda bisa meminum teh setelah mengonsumsi makanan berprotein hewani, misalnya daging, telur, atau hati ayam, dengan jeda waktu 4-5 jam agar zat besi yang tinggi pada makanan berprotein hewani bisa diserap dengan maksimal oleh tubuh

5. Terlalu sering mengonsumsi teh atau porsinya berlebihan

Meskipun bermanfaat, konsumsi teh dalam porsi yang berlebihan juga dapat membahayakan tubuh, lho.

Kandungan antioksidan dalam tubuh yang terlalu tinggi, baik dalam satu kali minum atau total dalam satu hari, dapat mengganggu pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan perut merasa tidak nyaman.

Pastikan Anda tida berlebihan dalam mengonsumsi teh, paling banyak 3-4 gelas, 200-250 ml teh kental tawar setiap harinya.

Video APDESI Bone Ngadu Soal Data Rastra ke DPRD

ekspos tv

Reporter : sumber: doktersehat.com    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0