17 Agustus 2018
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Menelisik Kandungan Gizi Es Kepal, Es Zaman Now yang Lagi Trend


Menelisik Kandungan Gizi Es Kepal, Es Zaman Now yang Lagi Trend
ilustrasi es kepal. (int)

EKSPOSKALTIM.com - Sudahkah Anda mencoba es kepal yang sedang hits saat ini? Es kepal yang terbuat dari olahan berbagai jenis susu dengan pilihan topping yang beragam ini kian digandrungi banyak kalangan.

Kandungan gizi dan manfaat es kepal

Es kepal terbuat dari es batu yang diserut atau diblender, kemudian disiram dengan saus cokelat yang terbuat dari susu bubuk yang dikentalkan, tambahan susu kental manis dan bubuk cokelat.

Baca: Hindari Beli Lauk atau Sayur Matang Terbungkus Plastik

Jika dilihat dari bahan bakunya, maka hampir semuanya adalah bahan makanan yang manis ya, namun jangan salah es kepal tetap memiliki kandungan gizi selain karbohidrat dari gula lo.

Kandungan protein dari susu bubuk maupun susu kental manis, yang bisa menjadi asupan protein untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh. Selain itu kandungan kalsium, vitamin A, B serta mineral zink dan fosfor yang ada atau ditambahkan dalam susu tentu baik untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Bubuk cokelat yang digunakan memiliki kandungan fitonutrien dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Namun, manfaat tersebut akan kita rasakan jika porsinya dan jenis pemilihan bahan baku sesuai dengan kebutuhan tubuh ya. Untuk itu kita perlu tahu nih bagaimana cara sehat mengonsumsi es kepal.

Tips sehat konsumsi es kepal

Beberapa tips agar kita mendapatkan manfaat dari es kepal secara optimal adalah:

1. Gunakan satu sachet atau 2-3 sendok makan susu bubuk

Umumnya, satu sachet susu bubuk kemasan adalah porsi yang dianjurkan untuk satu saji susu bubuk. Asupan protein dan gula yang berlebihan dari susu tentu akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak, jadi gunakan susu bubuk sesuai takaran sajinya, ya.

2. Maksimal satu sendok makan susu kental manis

Kandungan gula yang tinggi pada susu kental manis membuat kita sebaiknya hanya menggunakan ½ hingga 1 sendok makan susu kental manis saja. Perlu diketahui dua dua sendok makan susu kental manis saja sudah mampu memenuhi kebutuhan gula harian orang dewasa lo.

3. Gunakan bubuk kokoa tanpa pemanis

Agar manfaatnya maksimal gunakan bubuk kokoa asli tanpa adanya tambahan pemanis.

Baca: Inilah Trik Pijat Jari yang Wajib Anda Coba!

4. Pilih topping kacang-kacangan atau buah-buahan

Potongan kacang tanah, kacang almond atau buah stroberi tentu cocok, kan ditambahkan di atas es kepal? Selain kaya serat, topping tersebut juga akan memberikan rasa gurih dan manis alami yang sangat cocok dengan es kepal.

5. Jangan berlebihan dan perhatikan asupan makanan lain dalam satu hari

Selalu ingat bahwa anjuran konsumsi gula maksimal untuk orang Indonesia setara dengan 4 sendok makan gula pasir. Satu sachet susu bubuk kemasan dan satu sendok makan susu kental manis sudah memenuhi separuh anjuran tersebut. Jadi jika Anda sudah mengonsumsi es kepal dalam satu hari, batasi penggunaan gula pada minuman lain, ya.

Tips diatas bisa dengan mudah kita terapkan jika kita membuat sendiri es kepal, sehingga takaran dan jenis bahan baku es bisa kita atur.

Nah, jadi kapan nih Anda mau mencoba atau membuat es kepal?

Tonton video pilihan di bawah ini:

VIDEO: Ribuan Masyarakat Bone Dzikir Bersama Ustadz Arifin Ilham

ekspos tv

Reporter : sumber: doktersehat.com    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0