21 Juli 2018
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

"Kesah Etam" Layanan Aduan Untuk Masyarakat Bontang


"Kesah Etam" Layanan Aduan Untuk Masyarakat Bontang
Foto: Diskominfotik Bontang

EKSPOSKALTIM.com, Bontang Menjadikan Bontang sebagai Smart City bukanlah selogan belaka. Saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang terus mengupayakan agar kota berjargon Taman ini menjadi Smart City. Salah satunya, dengan menciptakan layanan pengaduan “Kesah Etam”.

“Kesah Etam” yang dalam bahasa Indonesia berarti “Keluh Kesah Saya”, merupakan layanan pengaduan yang dibuat oleh Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kota Bontang, guna memudahkan masyarakat dalam melakukan aduan.

Layanan ini melibatkan tiga unsur yakni masyarakat sebagai pelapor, Diskominfotik sebagai super admin dan Operasi Perangkat Daerah (OPD)/dinas lain yang diserahkan tanggung jawab untuk merespon aduan tersebut.

“Masyarakat dapat melakukan pengaduan dengan membuka website http://kesah.bontangkota.go.id/, nanti kami akan meneruskan ke pihak terkait agar aduan tersebut ditindaklanjuti,” terang Rendra Risdiantanto, administrator Kesah Etam, di Gedung Graha Taman Praja, Bontang Lestari, Selasa (13/2/2018) siang.

Selain meneruskan keluhan kepada OPD terkait, sambung Rendra, peran Diskominfotik disini juga sebagai filter bahasa dalam penyampaian aduan yang dikirimkan oleh masyarakat. Diakuinya, sejak layanan “Kesah Etam”diluncurkan, banyak masyarakat yang menikmati layanan tersebut untuk mengirimkan aduan kepada pemerintah Bontang.

“Tahun lalu sudah disosialisasikan kepada masyarakat, kedepan kami akan menyebar brosur dan unggah video tentang cara penggunaan layanan aplikasi ini,” tukasnya.

Selain untuk layanan aduan masyarakat, “Kesah Etam” juga berfungsi sebagai indikator penilaian kinerja ditiap OPD. Untuk lebih memudahkan masyarakat, kedepan aplikasi tersebut juga akan dibuat versi android.

“Hasil aduannya terpublish di website dan bisa dilihat oleh masyarakat. Tidak hanya itu, wali kota juga dapat melihat aduan tersebut, mana OPD yang sudah merespon dan mana yang belum” ujarnya.(adv)

Tonton juga video-video menarik di bawah ini:

VIDEO: Wartawan Independen Bone Libatkan Ribuan Orang dalam Pelaksanaan Baksos

ekspos tv

VIDEO: VIDEO: Sabu Seberat 43,4 Gram Asal Kaltim Gagal Beredar di Bone

ekspos tv

VIDEO: Kisruh Pilkada Bone, Umar-Madeng Lapor KPU ke Polisi

ekspos tv

Reporter : Endar    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%100%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0