25 September 2018
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

3 Kandidat Pilgub Kaltim Ikuti Tes Kesehatan


3 Kandidat Pilgub Kaltim Ikuti Tes Kesehatan
Foto bersama kandidat Pilgub Kaltim dengan tim pemeriksa kesehatan, di RSUD AW Sjahranie, Kota Samarinda, Kamis (11/1). (EKSPOSKaltim/Muslim)

EKSPOSKALTIM, Samarinda - Pelaksanaan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) calon gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Kaltim 2018-2023 sudah memasuki tes pemeriksaaan kesehatan. Dari empat kandidat bakal pasangan calon (paslon) yang telah mendaftar sebelumnya, hanya 3 kandidat paslon yang dapat mengikuti proses tes kesehatan di hari pertama, Kamis (11/1/2018) di RSUD AW Sjahranie, Kota Samarinda.

Yakni, paslon Sjaharie Jaang – Awang Ferdian HIdayat, Isran Noor – Hadi Mulyadi, dan Andi Sofyan Hasdam – Nusyirwan Ismail. Mereka menjalani proses pemeriksaan sejak 08.00 Wita.

Sebelum memasuki ruang pemeriksaaan yang berada di lantai 1 Paviliun Sakura RSUD AW Sjahranie, para kandidat menyapa para wartawan dengan melambaikan tangan. Para kandidat terlihat akrab satu dengan lainnya dengan saling menyapa.

“Tidak ada persiapan khusus. Normal saja,” kata Awang Ferdian Hidayat, cawagub pendamping Syaharie Jaang kepada awak media sebelum dites kesehatan.

Ketua pelaksana tim pemeriksa kesehatan cagub dan cawagub, dr Nataniel Tandirogang menjelaskan, pemeriksaan kesehatan akan memeriksa 3 aspek , mulai dari jasmani, psikiatri (jiwa) dan narkoba yang akan dilakukan selama 2 hari.

Baca: Terancam Dipecat PDIP, Awang Ferdian Akan Beri Penjelasan ke Megawati

Di hari pertama ini, lanjutnya, tim dokter memeriksa kesehatan jasmani dan psikiatri yang terdiri dari 12 bagian. Total, ada 32 dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Kaltim.

“Pemeriksaan secara menyeluruh. Mulai dari pemeriksaan jantungnya, paru-parunya, telinga, mata, ginjal dan fugsi organnya, termasuk bedah tulang,” ujar Nataniel yang juga Ketua IDI Kaltim ini.

Dihari kedua pemeriksaan, kata dia, yang akan dilaksanakan pada Jumat (12/1/2018) tim akan memeriksa lanjutan terkait tes penyalahgunaan narkoba. “Ini dari BNN yang akan memeriksa,” ungkapnya.

Nataniel menjamin seluruh tim pemeriksa merupakan tenaga professional dan kredibel di bidangnya masing-masing, sehingga dapat menjaga independensi dalam pemeriksaan.

Menurutnya, jika dari ketiga aspek pemeriksaaan tersebut ada satu yang tidak memenuhi syarat, maka tim akan menyimpulkan atau merekomendasikan tidak memenuhi syarat. Pun sebaliknya.

“Hasilnya nanti kita akan serahkan ke KPU Kaltim dengan merekomendasikan antara memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat, misalnya dari jasmani bahwa ada disabilitas mediknya yang tidak memenuhi syarat. Tapi yang mengumumkan nanti adalah KPU Kaltim,” jelasnya.

Baca: Diarak Jalan Kaki, Rusmadi - Safaruddin Daftar ke KPU Kaltim

Pemeriksaan sendiri berlangsung sekitar 8 jam. Para kandidat paslon hampir selesai secara bersamaan sekitar pukul 14.30 Wita.

“Alhamdulillah saya sehat-sehat saja. Banyak banget dokternya,” kata Isran Noor, cagub dari poros Partai Gerindra-PKS-PAN ini, usai melakukan pemeriksaan.

Komisioner KPU Kaltim, Rudiansyah menjelaskan, ada satu kandidat yang tidak bisa mengikuti tes pemeriksaan kesehaatan di hari pertama, yaitu, paslon Rusmadi – Safaruddin. Paslon ini, kata dia, baru akan melakukan tes kesehatan pada Jumat (12/1/2018).

“Ada pasangan kandidat tersebut (Safaruddin) yang meminta izin karena ingin melakukan sertijab di hari yang sama. Jadi kita reschedule untuk paslon ini. rencananya besok (Jumat) bersamaan dengan tes kesehatan kandidat paslon Pilbup PPU,” jelasnya.

Rencananya, tutur dia, hasil pemeriksaan tes kesehatan ini akan diumumkan pada 16 Januari 2018 mendatang. (*)

Tonton juga video-video menarik di bawah ini:

VIDEO: DPC Hanura Bontang Serahkan Bantuan Sembako kepada Korban Kebakaran di Berebas Pantai

ekspos tv

VIDEO: Sambut Tahun 2018, Kepala Adat Besar Kutai Kutim Ajak Paguyuban Tingkatkan Kebersamaan

ekspos tv

VIDEO: Awali Tahun 2018, Disporapar Bontang Tempati Gedung Baru

ekspos tv

Reporter : Muslim Hidayat    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0