22 Oktober 2018
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Dampak Positif Musik Terhadap Kecerdasan Anak


Dampak Positif Musik Terhadap Kecerdasan Anak
Anak yang mendapat pendidikan musik sejak dini cenderung lebih cerdas dan berprestrasi. (foto:ilustrasi)

EKSPOSKALTIM.com- Anda merupakan salah satu orang tua yang ingin mendaftarkan si Kecil ke sekolah musik khusus anak usia dini? Jika ya, Anda perlu memantapkan hati dan tidak usah ragu. Sebab, musik berdampak positif bagi kecerdasan anak.

Manfaat musik terhadap kecerdasan dan prestasi akademik telah banyak diteliti. Akan tetapi, tidak banyak yang menyadari bahwa hubungan keduanya baru muncul ketika seorang anak aktif menjalani pendidikan atau pelatihan musik, bukan hanya sekadar mendengarkan musik.

Sebuah studi di Jerman yang melibatkan 194 anak laki-laki kelas 3 Sekolah Dasar (SD) menunjukkan, kecerdasan non-verbal dan keterampilan membaca anak-anak yang belajar memainkan alat musik lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak. Studi lain di Amerika Serikat, yang melibatkan anak SD usia 7-12 tahun menunjukkan, anak-anak yang mendapat pendidikan musik lebih lancar membaca dan berbahasa daripada yang tidak sama sekali.

Pada dasarnya, musik akan melatih keterampilan dasar yang diperlukan untuk membaca dan berbahasa melalui beberapa hal. Pertama, kesadaran fonologis, yaitu kesadaran bahwa ada bagian yang berbunyi dari kata-kata, sehingga terbentuk suara dari kata yang diucapkan. Kedua, kemampuan mengenali pola bunyi sehingga dapat memahami pembicaraan meski lingkungan sekitar bising (persepsi speech-in-noise).

Baca: Kiat Agar si Kecil Tumbuh Menjadi Pribadi yang Tangguh

Ketiga, kemampuan mengikuti irama. Terakhir, kemampuan membentuk memori yang diperoleh melalui mendengar (memori auditorik). Di samping itu, musik juga membantu mengenalkan berbagai kosakata baru pada anak, sehingga perbendaharaan katanya bertambah.

Kemampuan anak untuk membaca bahkan bisa diprediksi dari keterampilan memproses bunyi pada usia 3 tahun. Ini dikarenakan bermusik dan membaca mengaktifkan area yang sama di dalam otak kanan. Oleh karena itu, mengasah area ini melalui bermusik sama dengan mengasah keterampilan membaca dan berbahasa.

Anda perlu tahu juga bahwa musik bermanfaat untuk mengasah kemampuan matematika. Penalaran spasial-temporal (hubungan antara ide/benda dengan ruang dan waktu), serta keterampilan geometrik (terkait bentuk, ukuran, dan pola) akan terasah. Keterampilan tersebut membuat anak mampu berpikir logis, serta menghubungkan ide-ide dan konsep untuk memecahkan masalah.

Keterampilan membaca, berbahasa, dan matematika merupakan komponen yang membentuk kecerdasan anak. Keterampilan ini dapat diasah melalui aktif bermusik sejak dini.

Anda dapat memulainya di rumah dengan mengajak anak bernyanyi, melakukan gerak, dan lagu mengikuti irama, atau bermain alat musik sederhana. Anda dapat menggunakan lagu yang menarik, mudah diikuti, serta memiliki pesan yang positif dan mendidik. Jika memungkinkan, Anda dapat mendaftarkan si Kecil ke sekolah musik untuk anak usia dini.

Tonton juga video-video menarik di bawah ini:

VIDEO: Cycling Tour Semarakkan Erau Pelas Benua Kota Bontang

ekspos tv

VIDEO: Diskominfotik Bontang Dapat Kunjungan dari Komisi Informasi Kaltim

ekspos tv

VIDEO: Pembukaan Pesta Laut Bontang Kuala 2017

ekspos tv

Reporter : Sumber: klikdokter.com    Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0