19 Januari 2018
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!

Optimalisasi Peran Pekerja Sebagai Mitra BNN Maksimalkan P4GN


Optimalisasi Peran Pekerja Sebagai Mitra BNN Maksimalkan P4GN
Staf Rehabilitasi BNNP Kaltim, Wira. (foto:ist)

EKSPOSKALTIM.com- Penyalahgunaan narkoba di kalangan pekerja menjadi salah satu ancaman yang harus dicarikan jalan keluarnya. Selain berdampak pada kesehatan si pengguna, dampak lainnya tentu kepada tingkat produktivitas, dimana ini akan berimbas langsung pada sektor perekonomian secara keseluruhan. Termasuk banyaknya tingkat kecelakaan kerja yang disebabkan penggunaan narkotika dan minuman keras.

Pemakaian zat dan bahan terlarang di kalangan pekerja erat kaitannya dengan gaya hidup dan pola kerja, yang ditunjang dengan kemampuan finansial. Pola, ritme dan lingkungan kerja yang kurang baik dapat memicu stress yang menjadi salah satu penyebab seseorang mencari pelarian. Ini juga bias dikarenakan adanya konflik di lingkungan kerja, baik dengan sesama rekan maupun atasan, terlebih bila pekerja ini mendapat perlakuan diskriminatif. Dan tentu saja adanya faktor internal seperti permasalahan dalam keluarga, turut menjadi pendorong untuk menyalahgunakan narkoba.

Secara umum, penyalahgunaan narkoba di lingkungan kerja akan berdampak pada keberlangsungan perusahaan atau instansi bersangkutan. Seperti menurunnya produktivitas yang berdampak pada tak tercapainya target perusahaan, serta berimplikasi pada hubungan antar pekerja yang rawan terjadi konflik. Hal ini dikarenakan para pengguna narkoba cenderung menyalahkan orang lain dalam menghadapi persoalan, selalu bersikap defensive dalam hubungan antar personal. Kondisi ini tentu menyebabkan pekerja yang bersangkutan tak memiliki orientasi terhadap pekerjaannya.

Baca juga: Pacu Produktifitas Kerja Tanpa Narkoba

Oleh karena itu, para pembuka lapangan kerja dan pekerjanya wajib melakukan upaya aktif untuk mencegah dan menanggulangi permasalahan ini. Baik dalam bentuk kebijakan, penyusunan dan pelaksanaan program, serta bantuan dari pihak ketiga seperti melaksanakan penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mereka tentang narkoba.

Saat ini baik instansi swasta atau pemerintah, secara cepat dan aktif bersinergi dengan BNN dalam upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika (P4GN). BNN dalam hal ini merasa perlu menanamkan kepedulian kepada pekerja dan lingkungannya , sebagai proteksi dini. BNN mengupayakan agar instansi dan pekerjanya dapat bergerak dan berperan aktif dalam P4GN. Sehingga mereka nantinya mampu menjadi mitra dan perpanjangan tangan BNN dalam memaksimalkan upaya P4GN di segmen pekerja.

Seperti halnya saat menggelar sosialisasi, BNN melibatkan para pekerja untuk turut berdiskusi secara aktif, mengenai langkah dan program apa saja yang sebaiknya dilakukan untuk melindungi lingkungannya dari narkoba. Hal ini juga berhubungan dengan persiapan menghadapi MEA, yang tentu membutuhkan SDM yang sehat dan kompetitif. Pun halnya saat diminta dalam membantu perusahaan atau instansi untuk mengadakan tes urine, yang dimaksudkan sebagai langkah proteksi dini terhadap penyalahgunaan narkoba.

Upaya lain yang biasa dilakukan untuk mengoptimalisasi peran pekerja sebagai mitra BNN adalah dengan penyusunan kebijakan yang jelas dan komprehensif. Instansi dan pekerja di dalamnya harus menyadari dan memahami untuk menciptakan lingkungan yang steril dari narkoba dibutuhkan komitmen yang kuat. (adv/*/rz)

Oleh: Wira (Staf Rehabilitasi BNNP Kaltim)

Tonton juga video-video menarik di bawah ini:

VIDEO: Cycling Tour Semarakkan Erau Pelas Benua Kota Bontang

ekspos tv

VIDEO: Diskominfotik Bontang Dapat Kunjungan dari Komisi Informasi Kaltim

ekspos tv

VIDEO: Pembukaan Pesta Laut Bontang Kuala 2017

ekspos tv

Reporter :     Editor : Abdullah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0