14 Desember 2017
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!

Samakan Persepsi, Dewan Siap Kumpulkan Dinas Pariwisata Se-Kaltim


Samakan Persepsi, Dewan Siap Kumpulkan Dinas Pariwisata Se-Kaltim
Ketua Komisi IV DPR Kaltim, Rusman Yaqub. Ekspos Kaltim/Yadi

EKSPOSKALTIM, Samarinda - DPRD Kaltim akan memanggil perwakilan dari tiap Dinas Pariwisata di seluruh Kaltim guna menyinkronkan program pengembangan wisata dari provinsi ke daerah. 

"Kami akan mengundang dinas pariwisata kabupaten kota se-Kaltim untuk menyampaikan apa yang dikeluhkan oleh Pak Syafarudin (Kepala Dinas Pariwisata Kaltim)," kata Ketua Komisi IV DPR Kaltim, Rusman Yaqub.

Sebelumnya diketahui, Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Syafarudin Pernyata, mengeluhkan program pariwisata yang dilakukan mayoritas pemerintah kabupaten/kota se-Kaltim.

Di daerah, kata Syafarudin, program wisata cenderung menonjolkan kegiatan-kegiatan pentas seni dan atraksi daripada memperbaiki destinasi objek wisata di daerahnya masing-masing.

"Wisata itukan ke destinasi, bukan ke pentas seni yang atraksi saja. Jadi persepsi yang tidak sama antara kabupaten kota dengan provinsi menjadi kendala kita juga. Dan ini hampir di semua kabupaten dan kota di Kaltim," jelasnya seperti yang diberitakan sebelumnya.

Berita terkaitKomitmen Daerah Majukan Pariwisata Kaltim Dinilai Lemah

Menurut Rusman, hal ini akan menjadi perhatiannya. Ia menilai kegiatan-kegiatan wisata yang dilakukan di daerah itu tidak salah. Hanya, kata dia, kurang tepat jika melihat fakta infrastruktur objek wisata di daerah yang masih belum maksimal.

"Ya memang orientasi di daerah saya lihat masih event-event saja. Alangkah baiknya jika event itu tetap saja ada, tapi yang lebih penting bagaimana membangun dan meningkatkan kapasitas destinasinya. Itu yang penting," harap ketua Partai PPP Kaltim ini.

"Karena kalau destinasinya bagus dan berjalan dengan baik, secara berkelanjutan terjamin, maka efek ekonomi wisata akan berjalan. Kalau event itu kan tahunan dan sifatnya terbatas. Habis acaranya, ya mati lagi wisata kita," tambahnya.

Akan tetapi, sambungnya, jika destinasi objek wisata yang berjalan secara berkelanjutan dan dibarengi dengan kegiatan-kegiatan wisata, maka industri pariwisata Kaltim akan hidup dan nyaman.  

"Jadi orang datang ke sana bukan hanya sekedar datang event itu saja. Tapi memang ada kebutuhan ingin berwisata terus menerus karena destinasinya berjalan," ujarnya. 

Untuk mewujudkan itu, ia menilai perlu membangun akses objek wisata yang memadai. Misalnya, dari transportasi, kenyamanan dan keamanan. Termasuk infrastruktur dasar objek wisata tersebut.

Rusman memastikan, rencananya Dinas pariwisata se-Kaltim akan dikumpulkan pekan ini. Senin (9/10) kemarin sebenarnya telah diagendakan. Namun, hanya perwakilan dari Pemkab Mahakam Ulu yang datang. Sehingga menunggu jadwal lanjutan.

Selain membahas hal itu, pihaknya secara umum akan membahas terkait penyusunan Konsep Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (Rippda) Kaltim. (adv)

Reporter : Muslim    Editor : Fariz Fadhillah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0