15 November 2018
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Komisi II DPRD Kaltim Target Dua Raperda Rampung Akhir 2017


Komisi II DPRD Kaltim Target Dua Raperda Rampung Akhir 2017
Dari kiri: Wakil Ketua Muspandi, Edy Kurniawan, Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmat, dan Kepala Dinas Peternakan, Dadang Sudarya. (Ekspos Kaltim.Muslim)

EKSPOSKALTIM, Samarinda - Komisi II DPRD Kaltim menargetkan dua rancangan peraturan daerah (raperda) rampung akhir tahun ini. Yakni, Raperda Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan, dan Pengendalian Ternak Betina Produktif.

Ketua Komisi II Edy Kurniawan menjelaskan pihaknya menargetkan dua raperda tersebut bisa selesai dalam masa Paripurna Sidang ke-3.

"Raperda ini sudah lama, khususnya mengenai pembangunan perkebunan berkelanjutan. Itu sudah kita bahas sejak 2 tahun lalu. Cuma karena beberapa hal, maka kita agendakan selesai tahun ini," jelasnya saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dinas Perkebunan dan Dinas Peternakan Kaltim, Senin (18/9).

Politikus PDI Perjuangan ini menambahkan, dua Raperda itu diprakarsai atas respon kebutuhan Masyarakat Kaltim. "Kami harap kedua raperda ini bisa menyejahterakan masyarakat Kaltim," tambahnya.

Untuk diketahui, Raperda Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan yang dibahas tersebut, atas perubahan dari aturan sebelumnya. Yakni, Perda Nomor 3/2008 tentang Kemitraan Pembangunan Perkebunan di Provinsi Kaltim.

Perda itu dinilai belum mengakomodasi perkembangan dalam kondisi sekarang. Terutama terhadap kemajuan pembangunan perkebunan di daerah yang setiap tahun terus mengalami pertumbuhan pesat terkait lima komoditas tanaman perkebunan.

Menurutnya kondisi dan kemajuan pembangunan subsektor perkebunan saat ini harus disikapi melalui pembentukan kebijakan regulasi perkebunan terbaru.

Subsektor perkebunan di Kaltim kini sangat identik dengan pertumbuhan komoditas kelapa sawit. Padahal, unggulan perkebunan selain itu masih ada. Seperti, karet, lada, kakao dan kelapa sawit.

Sedangkan dalam Raperda Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan nanti, akan ada pasal yang mengawasi secara ketat tentang peremajaan lahan pada sektor perkebunan, khususnya kelapa sawit.

"Ada satu ketentuan dalam perda tersebut tentang ini. Kemudian saya harap, bisa diawasi maraknya pabrik yang tidak patuh terhadap harga yang telah ditentukan," tambah, Muspandi Wakil Ketua Komisi II DPRD Kaltim, dari Fraksi PAN.

Sementara, menyangkut Raperda Pengendalian Ternak Betina Produktif mengatur tentang peternakan hewan sapi dan kerbau sekaligus mendukung visi dan misi Kaltim menjadi swasembada daging.

Sementara itu, dalam RDP turut hadir anggota Komisi II DPRD Kaltim lainnya. Di antaranya, Mursidi Muslim, Ali Hamdi, Ahmad Rosyidi, dan Ismail.

Juga dihadiri Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmat dan Kepala Dinas Peternakan, Dadang Sudarya. (adv)

Reporter : Muslim Hidayat    Editor : Fariz Fadhillah

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0