19 Juni 2018
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

Jokowi Target Tol Balikpapan-Samarinda Selesai Desember 2018


Jokowi Target Tol Balikpapan-Samarinda Selesai Desember 2018
Presiden Joko Widodo saat meninjau Jembatan Sungai Manggar dan Tol Balikpapan-Samarinda seksi I. Presiden optimistis tol akan selesai akhir 2018 mendatang. (Ekspos Kaltim/Benny).

EKSPOSKALTIM, Balikpapan- Jalan tol Balikpapan-Samarinda ditarget Presiden Joko Widodo selesai Desember 2018 mendatang.

Proyeksi penyelesaian ini tidak lepas dari masalah lahan yang sudah klir. Presiden menyebut berdasarkan laporan yang ia terima, pembebasan lahan hanya menyisakan 8 persen.

“Biasalah, masalah di lapangan. Tapi ini sudah ngebut banget. Sudah selesai 92 persen. Sudah ngebut banget ini. Jembatan Sungai Manggar akhir tahun ini juga kita harapkan selesai,” kata Jokowi saat meninjau proyek tol dan Jembatan Sungai Manggar di Km 13, Kamis (13/7) siang.

Dalam kunjungan keduanya tahun ini guna meninjau proyek tol yang menghubungkan dua kota penting di Kaltim ini, presiden cukup puas. Jalan bebas hambatan sepanjang 99,2 kilometer ini sudah menyelesaikan pekerjaan fisik dan konstruksi sekira 25 persen.

“Fisik dan konstruksi sudah 25 persen, lahan sudah 92 persen, artinya di lapangan sudah tidak ada masalah,” sebutnya.

Proyek tol Balikpapan-Samarinda dengan nilai investasi Rp 9,97 triliun terbagi menjadi 5 seksi. Yakni, seksi I, ruas KM 13 Balikpapan-Samboja, seksi II ruas Samboja-Palaran I, seksi III ruas Samboja-Palaran II, seksi IV ruas Palaran-Jembatan Mahkota dan seksi V ruas Balikpapan-Sepinggan.

Dari lima seksi yang ada, Kementerian PUPR dan Pemerintah Provinsi Kaltim memberikan dukungan pembangunan konstruksi seksi I dan seksi v sehingga proyek jalan tol tersebut layak secara finansial.

Sementara untuk seksi II, III dan IV menjadi tanggung jawab BUJT yaitu PT Jasa Marga Balikpapan-Samarinda.

Pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda sangat penting untuk menghubungkan dua kota terbesar di Kalimantan.

Dengan adanya jalan tol ini, diperkirakan masyarakat dapat mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan ke Samarinda dari 3 jam menjadi 1 jam perjalanan. 

“Dan kita harapkan setelah sampai di Samarinda nanti, akan diteruskan sampai ke Bontang,” kata Jokowi.

Saat kunjungan meninjau proyek tersebut, presiden didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak.

Reporter : Benny Oktaryanto    Editor : Fariz Fadhillah

Apa Reaksi Anda ?

23%78%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0