23 Oktober 2018
  • PORTAL BERITA ONLINE
  • NEWS AND ENTERTAINTMENT ONLINE
  • BERANI BEDA..!!
  • MENGEKSPOS KALIMANTAN & TIMUR INDONESIA

MENGENAL DESTINASI WISATA AIR TERJUN TUJUH TINGKAT


MENGENAL DESTINASI WISATA AIR TERJUN TUJUH TINGKAT
Pengunjung sedang menikmati kesejukan air terjun tujuh tingkat yang terletak di di Desa Suka Damai, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur, Sabtu (3/9). EKSPOSKALTIM/ ISMAIL

EKSPOSKALTIM, Kutai Timur – Di Bumi Kalimantan ini banyak keindahan wisata alam yang belum tereksplor juga berpotensi untuk dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata bagi para pelancong. Salah satunya, keindahan alam air terjun tujuh tingkat yang terletak di Desa Suka Damai, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur.

Air terjun yang tercipta dari proses alam berabad-abad lamanya ini membentuk hamparan batu dan sebuah pola  yang menjadikan airnya mengalir satu arah. Namun disayangkan, pertambangan batu bara menjadikan arus air terjun yang dulunya deras sekarang mengecil, akibat beberapa sumber air tertutup.

"Kalau dulu air terjun ini deras. Dari tingkat satu sampai enam airnya deras sekali, bahkan airnya bisa langsung diminum. Apa lagi di tingkat ke tujuh airnya semakin besar dan dingin. Tapi sayangnya, akibat dari pertambangan batu bara di salah satu perusahaan membuat air terjun ini mengecil dikarenakan hasil dari blasting (pengambilan batubara dalam tanah.Red), membuat beberapa sumber air tertutup," kata salah seorang warga sekitar, Syarif, disela-sela perjalanan menuju ke tingkat enam air terjun ini, Sabtu (3/9).

Mirisnya lagi, kurangnya kesadaran dan tanggung jawab sebagian pengunjung untuk menjaga keindahan lokasi ini, membuat kondisi air terjun tujuh tingkat ini semakin hari semakin memprihatinkan.

"Kalau kita lihat banyak coret-coret di dinding air terjun, sampah - sampah akibat dari prilaku manusia yang kurang bertanggung jawab. Maka dari itu, saya berpesan jika ada yang ingin datang kemari jangan buang sampah sembarangan. Rawatlah hutan, karena dari hutan kita bisa hidup," pungkas Syarif

Sekedar informasi, air terjun ini yang terletak di Desa Suka Damai ini belum diketahui masyarakat secara luas. Pasalnya, tempat dan lokasi air terjun ini tersembunyi oleh lebatnya hutan.

Reporter : Ismail    Editor : Maulana

Apa Reaksi Anda ?

0%0%0%0%0%0%0%0%


Comments

comments


Komentar: 0